2019-01-17

Amankah Kipas Angin AC untuk Kesehatan?

SHARE

Udara di Indonesia terbilang cukup panas, hal ini membuat banyak orang membutuhkan alat pendingin ruangan. Namun, di zaman modern ini mereka tidak hanya membutuhkan alat yang mampu mendinginkan ruangan saja tetapi juga mampu memberikan kesejukan di dalamnya. 

Salah satu alat yang mampu memberikan kesejukan pada ruangan adalah kipas angin AC. Hal ini membuat banyak orang membandingkan kemampuan antara kipas angin AC dengan air conditioner.

Kelebihan dari Kipas Agin AC
Tidak sedikit orang membandingkan kegunaan dan kelebihan dari kipas angin AC dengan air conditioner. Hal yang paling utama dari kipas angin AC ini adalah penggunaan yang ramah energi sehingga tidak banyak membutuhkan daya listrik alias lebih hemat. 

Kelebihan lainnya, untuk mendapatkan satu kipas angin AC kita tidak perlu mengeduk kocek dalam-dalam karena harganya memang sangat terjangkau. Makanya, tidak jarang orang lebih memilih membeli kipas angin AC dari pada air conditioner. 

Keuntungan yang lain dari kipas angin AC yaitu alat ini mampu memberikan efek dingin sekaligus sejuk pada ruangan. Bahkan telah ada jenis kipas angin AC yang dapat digunakan di luar ruangan (jenis semi outdoor), sehingga ketika kita sedang beraktivitas di luar ruangan udara di sekitarnya akan tetap terasa sejuk.  

Kipas angin AC juga diklaim sebagai alat penyejuk yang ramah lingkungan. Kok bisa? Iya, karena kipas angin AC ini bekerja dengan proses alami yaitu dengan menggunakan air. Sehingga selain memberikan kesejukan alat yang satu ini dapat membantu meningkatkan kelembapan ruangan Anda. 
Melembapkan ruangan? Apakah bila kita gunakan, alat ini aman untuk kesehatan? Mungkin sebagian orang bertanya-tanya tentang hal ini. Namun untuk lebih jelasnya yuk kita simak penjelasan mengenai keamanan kipas angin AC itu sendiri bagi kesehatan.
Kipas Angin AC
Amankah Untuk Kesehatan?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya informasi mengenai bahaya penggunaan kipas angin AC memang benar adanya. Namun, kita harus menilainya dengan sikap yang cermat dan menggali informasi mengapa kipas angin AC ini dapat berbahaya bagi kesehatan.

Kipas angin AC memang dapat menyebabkan berbagai gangguan sistem pernafasan seperti sesak nafas atau bahkan yang memiliki riwayat penyakit asma juga bisa kumat. Hal tersebut terjadi karena penggunaan kipas angin AC dalam ruangan kedap udara sehingga udara panas didalam ruangan yang digantikan dengan udara sejuk mengandung partikel-partikel debu di dalamnya. Fatalnya, lama-kelamaan hal ini akan menyebabkan menurunnya kadar oksigen di dalam ruangan.

Keuntungan penggunaan kipas angin AC yaitu membuat ruangan menjadi lembap. Namun, jika kita menggunakannya pada ruangan yang sirkulasi udara yang buruk, alhasil pertumbuhan dan perkembangan bakteri meningkat. Hal ini tentu akan menimbulkan banyak penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada penggunaanya. Bahkan karena penggunaan alat ini pada ruangan tertutup, pengguna kipas angin AC akan mengalami penurunan imunitas tubuh. 

Berdasarkan penjelasan tersebut memang banyak dampak negatifnya, tapi sebenarnya kipas angin AC aman untuk kesehatan jika digunakan dengan cara atau teknik yang benar. 

Kasus yang pertama, kelembapan memang memudahkan pertumbuhan bakteri maupun jamur, namun hal itu terjadi jika digunakan pada ruangan tertutup. Oleh sebab itu, simpanlah kipas angin AC Anda pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik (ventilasi yang cukup) sehingga tingkat kelembapan udara di dalam suatu ruangan tidak tinggi. 

Beda kasus, jika Anda membeli kipas angin AC yang teknologinya telah canggih. Anda tidak perlu khawatir masalah udara yang kotor. Kipas angin AC kini telah banyak dilengkapi dengan filter udara. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan perkembangan bakteri dan jamur di ruangan anda.

Kasus yang kedua, tidak akan menimbulkan sebuah penyakit apalagi gangguan pada sistem pernafasan, jika kipas angin AC ini tidak dipakai langsung untuk mendinginkan tubuh Anda.

Hal yang paling utama, tidak disarankan untuk menggunakan kipas angin AC ini setiap hari secara terus menerus. Gunakan secara bijak barang-barang elektronik yang anda miliki. 

Kesimpulannya, jawaban dari pertanyaan “amankah kipas angin AC untuk kesehatan?” yaitu aman, jika digunakan sesuai dengan aturan. Pahami dan cermati aturan pakainya sebelum menggunakan kipas angin AC pada ruangan Anda.

SHARE

Author: verified_user

0 komentar: