2021-03-19

Ketahui Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

SHARE

 Untuk anda yang suka berkecimpung di dunia tarik suara, pasti anda tidak asing lagi dengan istilah tangga nada. Nah, hal pertama, anda harus mengetahui terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan tangga nada. Jadi, tangga nada adalah penggabungan dari rangkaian nada kemudian disusun pada jarak yang sudah ditentukan. Untuk tangga nadanya sendiri, sebenarnya bisa naik atau turun, kadang juga bisa semakin turun di tangga nadanya. Oleh sebab itu, untuk anda yang menyukai berbagai macam jenis permusikan, anda harus mengetahui perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis yang cukup berpengaruh di dunia tarik suara atau permusikan. 


Berikut ini kami akan menyebutkan apa saja perbedaannya, yaitu:
  • Pertama, tangga nada diatonis memiliki pengertian sebuah komposisi tangga nada yang pada umumnya digunakan di masa modern atau kontemporer. Kemudian untuk pengelompokannya sendiri, tangga nada yang satu ini dibagi menjadi dua tangga nada, yaitu mayor dan minor. Untuk tangga nadanya sendiri, terdapat tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do. 
  • Kedua, tangga nada pentatonis memiliki pengertian tangga nada yang hanya memliki 5 tangga nada pokok. Adapun tangga nada ini dibagi menjadi dua tangga nada, yaitu slendro dan pelog. Untuk tangga nada slendro, terdapat tangga nada do, re, mi, sol, la. Sedangkan untuk tangga nada pelog terdapat tangga nada do, mi, fa, sol, si.

Jenis Alat Musik Penghasil Tangga Nada

Di atas kami telah memberikan informasi terkait jenis tangga nada, oleh sebab itu, sekarang kami akan memberikan informasi lanjutan terkait jenis alat musik apa saja yang menghasilkan tangga nada. Jadi anda, tidak perlu bingung lagi jika ingin melakukan praktik tangga nada yang sesuai dengan jenis tangga nada di atas. Berikut ini jenis alat musik yang bisa menghasilkan tangga nada, yaitu:
  • Gitar, gitar merupakan salah satu alat musik penghasil tangga nada. Gitar merupakan alat musik yang praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana dan kerap dijumpai dipakai oleh seorang bermain musik di jalanan. Selain itu gitar adalah alat musik yang paling sering kita lihat digunakan oleh musisi-musisi terkenal saat tampil diatas panggung.
  • Biola, selain gitar ada satu lagi jenis alat musik penghasil tangga nada yaitu biola. Biola perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis merupakan salah satu alat musik penghasil nada yang sering digunakan sebagai instrumen akustik dan mengiringi lagu-lagu pop. Mengenai biola sendiri umumnya terdiri dari empat senar serta interval sempurna kelima. Biola terdiri dari beberapa bagian yaitu badan biola, leher biola, senar, papan jari dan jembatan biola.
  • Piano, piano merupakan salah satu alat musik penghasil tangga nada selain dua alat musik yang telah dijelaskan diatas. Piano pada umumnya sering digunakan untuk mengringi lagu dan menciptakan sebuah lagu. Untuk jenis piano sendiri ada tiga, yakni baby grand piano, grand piano dan upright piano.
  • Pianika, alat musik penghasil tangga tangga selnjutnya adalah pianika. Pianika merupakan alat musik yang dalam penggunaannya dengan cara ditiup. Untuk tangga nadanya sendiri masih sama dengan alat musik lainnya yakni do, re, mi, fa, sol, la, si, do dengan cara ditup secara tegak.
  • Seruling, hampir sama dengan pianika, seruling juga merupakan alat musik yang cara penggunaanya degan ditiup. Seruling perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis sudah sangat populer khusunya di daerah Jawa, dengan bentuknya yang berasal dari kayu atau bambu dan ada lubang pemanis pada bagian ujungnya. 

SHARE

Author: verified_user

0 komentar: