2022-06-27

Mengenal Masa Pubertas Anak Perempuan

SHARE
 

Pertumbuhan anak tentunya mengalami fase yang terus semakin berkembang, salah satu masa yang akan dialami pertumbuhan anak yaitu peralihan dari masa anak ke remaja yaitu sering dikatakan sebagai masa Pubertas. Masa ini merupakan masa-masa dimana anak mengalami perubahan, mengenai perubahannya tentunya berbeda untuk anak perempuan dan anak laki-laki. 

Sebelum kita membahasnya terlalu jauh kita harus tahu apa itu masa pubertas secara gamblang dan jelas. 

Apa itu masa pubertas?
Masa pubertas merupakan sebagai tanda saat anak mulai beranjak pada masa remaja. Pubertas terjadi dimasa peralihan anak-anak menuju dewasa. Pada masa puber, akan akan dapat mengalami berbagai macam perubahan fisik serta psikologis yang disebabkan oleh perubahan kadar hormon.

Biasanya selama dalam masa pubertas, tubuh akan mengalami banyak sekali perubahan internal dan eksternal. Pada masa tersebut anak sampai pada tinggi serta proporsi tubuh dewasanya, selain itu organ-organ reproduksinya juga berkembang, dan mampu untuk bereproduksi.

Masa puber biasanya akan dimulai pada saat area pada otak yang disebut dengan hipotalamus bisa mulai berkembang memberi sinyal ke tubuh untuk dapat mengembangkan karakteristik orang dewasa. Sinyal-sinyal yang dikirimkan dengan melalui hormone tersebut dapat memicu organ reproduksi dapat menghasilkan berbagai hormon lainnya.

Hormone-hormon tersebut membuat pertumbuhan serta perubahan pada berbagai bagian tubuh, yaitu antara lain organ reproduksi di bagian luar, jaringan payudara, kulit, otot, tulang, rambut serta otak. Selain itu, adanya perubahan hormon tersebut juga bisa mempengaruhi emosi serta pikiran remaja.

Pubertas biasanya bis akita lihat di usia 8-14 tahun, kebanyakan usia pubertas ini untuk usia anak 11 tahun. Kalau untuk pubertas laki-laki terjadi pada usia 12 tahun. Meskipun demikian, periode tersebut dapat berbeda untuk setiap orang. Untuk proses pubertas sendiri biasanya bisa berlangsung sampai 4 tahun. Sebaiknya dalam hal ini orang tua mengetahui ciri ciri pubertas anak perempuan. Seperti apa ciri-cirinya?

Ciri-Ciri Pubertas Pada Anak Perempuan
Satu dari beberapa ciri-ciri pubertas yaitu anak perempuan adalah menstruasi. Nah setelah kita mengetahui terkait pengertian dari pubertas, berikut merupakan ciri-ciri pubertas anak perempuan yang bisa Anda kenali:
  • Payudara anak mulai tumbuh dan kadang terasa lebih lembut, untuk pertumbuhan payudara dapat terjadi pada salah satu payudara terlebih dahulu, baru selanjutnya disusul dengan bagian yang lainnya.
  • Tumbuhnya rambut pada bagian kemaluan, dan kadang juga tumbuh rambut pada bagian sekitar tangan dan kaki. 
  • Untuk perubahan pada tubuh juga bisa dilihat dari panggul yang mulai melebar. 
  • Pinggang terlihat mulai lebih kecil.
  • Selanjutnya akan muncul lemak yang ada pada bagian perut serta pantat. 
  • Terjadi menstruasi/ keluar darah dari vagina untuk siklus bulanan.
  • Vagina/ alat kelamin akan mengeluarkan cairan yang menandakan kalau organ seksual sudah aktif.
  • Kulit akan berminyak dan bagian tubuh lebih banyak mengeluarkan lebih banyak keringat, sehingga dalam hal ini Anda membutuhkan deodorant untuk menghilangkan bau badan. 
  • Mulai tumbuh jerawat di beberapa bagian tubuh. 

Nah selain adanya perubahan fisik diatas, untuk ciri-ciri pubertas pada anak perempuan juga bisa Anda lihat dari perubahan emosionalnya. Salah satunya yaitu rasa ketidaknyamanan, terutama pada saat menstruasi.

Hal tersebut wajar, ini karena untuk kadar hormone yang fluktuatif selama dalam siklus menstruasi. Kalau perubahan emosi tersebut terasa mengganggu, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk memberikan obat-obatan tertentu dan perubahan gaya hidup yang tentunya lebih sehat, contohnya yaitu seperti rutin berolahraga.

SHARE

Author: verified_user

0 komentar: